SMAN 2 LAMBU kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggelar Workshop Implementasi Pembelajaran Berbasis Pendekatan Deep Learning (Pembelajaran Mendalam) selama dua hari, yakni pada 9–10 Juli 2025. Kegiatan ini bertempat di Laboratorium Kimia SMAN 2 LAMBU dan berlangsung dengan suasana yang interaktif dan penuh antusiasme.
Workshop ini menghadirkan narasumber utama, Bapak Masyhudin, M.Pd, yang merupakan Fasilitator Deep Learning sekaligus Kepala Sekolah SMAN 2 LAMBU. Dalam paparannya, beliau menyampaikan pentingnya perubahan paradigma pembelajaran dari sekadar transfer pengetahuan menuju pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpikir kritis, reflektif, dan kontekstual.
Selama dua hari pelaksanaan, peserta yang terdiri dari para guru SMAN 2 LAMBU mendapatkan materi dan praktik langsung mengenai bagaimana mengintegrasikan pendekatan pembelajaran mendalam ke dalam rencana dan pelaksanaan pembelajaran sehari-hari. Mulai dari pengenalan prinsip-prinsip deep learning, penyusunan perangkat ajar, hingga simulasi pembelajaran dengan pendekatan mendalam.
Atmosfer kegiatan terasa aktif dan interaktif. Peserta terlibat dalam diskusi kelompok, studi kasus, dan saling berbagi pengalaman praktik pembelajaran yang selama ini dilakukan di kelas. Workshop ini tidak hanya memperkaya pemahaman teori, tetapi juga memberikan inspirasi baru bagi para guru untuk menghadirkan pembelajaran yang lebih bermakna dan berdampak pada siswa.
Kegiatan ditutup dengan sesi refleksi dan pemaparan hasil rancangan pembelajaran mendalam oleh masing-masing kelompok. Banyak peserta mengapresiasi kegiatan ini sebagai momen penting dalam pengembangan kompetensi guru menuju pembelajaran abad ke-21 yang berpihak pada murid.
Dengan terselenggaranya workshop ini, diharapkan seluruh guru SMAN 2 LAMBU semakin siap dalam menerapkan pendekatan pembelajaran mendalam secara konsisten, demi mewujudkan pembelajaran yang relevan, menyenangkan, dan transformatif.
Berikut Dokumentasi kegiatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar